Wednesday 8 April 2020

DESCRIPTIVE



Descriptive adalah sebuah teks yang memberikan deskripsi tentang sebuah objek atau benda baik benda hidup maupun benda mati.
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menulis sebuah teks descriptive :
1.      Fungsi Sosial
Fungsi sosial dalam menulis teks descriptive adalah untuk mendiskripsikan seseorang atau sesuatu baik sebuah benda, sebuah tempat maupun seeokor binatang secara khusus.
2.      Generic Structure
Adapun susunan paragraf dari teks descriptive terbagi menjadi dua bagian, yaitu : identification dan description.
Identification adalah sebuah pernyataan yang berisi sebuah topik atau objek untuk dijelaskan, sementara description berisi deskribsi yang jelas tentang objek yang akan dijelaskan tersebut.
3.      Lexicogrammatical
Fitur kebahasaan teks descriptive antara lain adalah : fokus pada sebuah objek khusus, menggunakan simple present tense, adjectives order, dan conjunction (temporal conjunction).
Ada lima jenis teks descriptive yaitu :  mendeskripsikan tentang sebuah proses (describing process), mendeskripsikan sebuah kejadian (describing an event), mendeskripsikan tentang kepribadian (describing personality), mendeskripsikan sebuah objek (describing object) dan mendeskripsikan sebuah tempat (describing place).
Dalam mendeskripsikan sebuah proses seorang penulis dituntut untuk dapat menjelaskan tiga hal pokok, yaitu : bagaimana sesuatu bisa diselesaikan, kenapa hal tersebut selesai dan apa saja yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proses tersebut. Sementara dalam mendeskripsikan sebuah kejadian, seorang penulis harus mempunyai ingatan yang bagus tentang hal apa saja yang terjadi dalam kegiatan/peristiwa tersebut, sehingga para pembaca dapat membayangkan situasi saat kejadian yang sebenarnya. Selanjutnya, dalam mendieskripsikan tentang seseorang, penulis harus terlebih dahulu mengenal objek yang akan dideskripsikan, bukan hanya fisiknya saja, melainkan sifat, karakter, dan juga kepribadian orang yang akan dideskripsikan.
Selain itu, adalah hal yang penting untuk diingat ketika seorang penulis ingin mendeskripsikan tentang sebuah tempat yaitu dengan memberikan gambaran yang kongkrit tentang bentuk dan suasana tempat tersebut. Sementara untuk mendeskripsikan sebuah benda/objek hal yang pertama sekali harus diperhatikan adalah tentang bentuk fisik objek tersebut seperti warna, bentuk, materi yang digunakan dalam pembuatan benda tersebut maupun usia dari objek yang ingin dideskripsikan.





No comments:

Post a Comment

JOGJAKARTA

Entah kenapa, Aku dan Jogja tak bisa akur. Meskipun aku sudah merinduinya sekian lama, tetap saja ketika mengunjunginya sekali dalam seumur ...