Wednesday 8 April 2020

NOTICE AND ANNOUNCEMENT


Notice dan Announcement
Functional text adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi yang dianggap penting bagi seseorang. Short functional text adalah teks yang memiliki fungsi sosial untuk menginformasikan sesuatu. Disebut Short functional text karena teksnya pendek dan berisi informasi yang spesifik. Jenis-jenis functional text adalah : notice (pemberitahuan), announcement (pengumuman), advertisement (iklan), short message (pesan pendek), label (label), sign (tanda), pamphlet (pamplet), brochure (brosur) dan teks pendek lainnya.
Fungsi sosialnya adalah memberi informasi kepada seseorang tentang sesuatu.
Bab ini akan membahas tentang pemberitahuan dan pengumuman sebagai dua teks fungsional pendek, yaitu : notice dan announcement
Noutice
Notice/Pemberitahuan adalah tanda di tempat umum yang memberikan informasi atau instruksi. Sebuah pemberitahuan harus mudah dimengerti dan mudah dibaca. Hal ini juga ditulis dengan menggunakan kata-kata sederhana, ringkas dan mudah dimengerti. Sebagai contoh:
1. Notice command, berarti pemberitahuan memberi instruksi kepada orang untuk bertindak sebagaimana yang tertulis.
2. Notice caution, digunakan untuk memperingatkan seseorang agar berhati-hati atau sadar akan sesuatu.
3. Notice prohibition menginformasikan kepada orang bahwa mereka dilarang melakukan apa yang tertulis.
Contoh notice




 Announcement
Announcement/Pengumuman adalah pernyataan penting atau resmi yang menginformasikan orang tentang sesuatu. Pengumuman sering terlihat di tempat umum, seperti di sekolah, rumah sakit dan tempat umum lainnya.
Contoh announcement.







No comments:

Post a Comment

JOGJAKARTA

Entah kenapa, Aku dan Jogja tak bisa akur. Meskipun aku sudah merinduinya sekian lama, tetap saja ketika mengunjunginya sekali dalam seumur ...